Daerah

Ketua Umum TP-PKK Hj.Septi Istiqlal Hadiri Perekaman Sekaligus Penyerehan KTP Pelajar SMAN 1 Ngambur.

Krui SentralAktual.com Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Istiqlal, menghadiri proses perekaman sekaligus menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik para pelajar usia 16 keatas di SMAN 1 Ngambur Kecamatan Ngambur, Kamis (24/8/23).

Dihadapan para pelajar, Septi mengatakan bahwa Pemkab Pesibar sangat memahami kendala yang seringkali dialami masyarakat ketika ingin melengkapi Administrasi Kependudukan (Adminduk), salah satunya jarak tempuh yang cukup jauh hingga membuat masyarakat mengurungkan niatnya.

“Oleh karena itu, dalam upaya mempercepat kepemilikan dokumen Adminduk masyarakat,
Pemkab Pesibar melalui
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berinisiatif dengan melangsungkan pelayanan keliling jemput bola mengajak masyarakat, khususnya pelajar yang sudah berusia 16 tahun ke atas untuk melakukan perekaman KTP Elektronik,” ujar Septi.

Dijelaskannya, KTP Elektronik merupakan dokumen kependudukan yang penting
bagi setiap Warga Negara Indonesia (WNI), dimana KTP Elektronik menjadi dokumen dasar atau awal dalam penerbitan dokumen lain,
seperti penerbitan paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). “Sekaligus juga menjadi syarat penting untuk bisa ikut memeriahkan pesta demokrasi dan menggunakan hak pilihnya pada perhelatan Pemilu 2024 mendatang,” paparnya.

“Tidak hanya itu, KTP Elektronik juga digunakan untuk mendapatkan beragam layanan dan fasilitas dibidang kesehatan, jaminan kesejahteraan sosial, pendidikan, asuransi dan layanan lainnya,” sambung Septi.

Septi berharap pelayanan keliling jemput bola, khususnya ke sekolah-sekolah tersebut, dapat membantu memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen adminduk.

“Hal tersebut sulit tercapai tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari
seluruh masyarakat Pesibar guna meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya kepemilikan KTP Elektronik,” pungkasnya. (Rls/Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button