Advertorial

Peratin Pekon Sukamarga M.Zainan Hariri Salurkan BLT-DD Tahap lll Sekaligus Expose Realisasi DD dan ADD Tahun 2023.

Sukamarga SentralAktual.com Pemerintah Pekon Sukamarga Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana-Desa tahap lll anggaran tahun 2023.

Kegiatan berlangsung di Balai Pekon setempat dipimpin langsung oleh Peratin M.Zainan Hariri,S.Pd.i, turut hadir Camat Bangkunat Yuzir S.Pd, Pendamping Desa Zainal Abidin, S.H, Pendamping Lokal Desa Mudirsan, Ketua Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) Alfian Fitriono, segenap Aparatur Pekon dan Masyarakat Penerima Manfaat (KPM), Kamis (19/10/23).

Dalam sambutannya M.Zainan Hariri mengatakan “Pendapatan dan Belanja Pekon Sukamarga Tahun Anggaran 2023 berlandaskan Undang-Undang Negara Republik Indonesi No : 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Pasal 24 tentang penyelenggaraan Pemerintahan Pekon/Desa. Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang tertib, terbuka, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efektivitas, efisiensi, kearifan lokal, keberagaman dan partisipatif. ungkap Zainan Hariri

Zainan Hariri menmbahkan ” Pendapatan transfr RP.1.558.312.000, Alokasi Dana-Desa (DD) RP. 909.745.000, Alokasi Dana Desa (ADD). Rp.603 604.000 Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Rp.34.019.000 Bantuan Keuangan Provinsi Rp.6000.000.

“Adapun jumlah belanja, bidang penyelenggaraan Pemerintaha Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Pekon Rp.839.525.000. Bidang Pelaksanaan Pembangunan Pekob Rp.394.547.000 Bidang Pembinaan Masyarakat RP.212.640 000. Bidang Pemberdayaan Maayarakat Rp.6.000.000. Bidang Penangulangan Bencana Keadaan Mendesak Rp.105.6.000.000

Surplus/Defisit RP. 000. Silpa tahun sebelumnya RP. 000. Pengeluaran biaya RP. 000. Penyertaan modal BUMDES RP. 000. ungkap Zainan Hariri

Lanjut Zainan Hariri “Sampai pada hari ini Pemerintahan Pekon Suka Marga telah sampai pada realisasi dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap lll (tiga). Alhamdulilah laporan realisasi pada tahap ll (dua) sudah kita sampaikan laporan kepada pihak-pihak terkait”.

“Penyaluran BLT-DD triwulan ke-lll (tiga)
Pekon Suka Sukamarga Periode triwulan Juli, Agustus dan September dengan besaran Rp. 900.000.00 ( Sembilan ratus ribu rupiah ) terbagi dari Rp. 300.000 (Tiga ratus ribu rupiah) Perbulan di berikan secara langsung kepada 26 (dua puluh enam) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pekon Suka Marga”.

“Di harapkan azas manfaat BLT-DD dapat membantu KPM untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga serta dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha sebagai langkah dan upaya pemulihan ekonomi keluarga dampak beberapa tahun terakhir di seluruh penjuru dunia di landa wabah pandemi Covid-19 tidak terkecuali negara kesatuan republik Indonesia”. jelas Zainan Hariri

Zainan Hariri melanjutkan “Untuk fisik ketahanan pangan Pemerintahan Pekon Sukamarga membangun peningkatan badan jalan dengan Onderlah penghubung usaha tani antar pemangku Sukamarga l (satu) dengan pemangku Jambatan dengan luas 2.80 x 500 M”. Pembangunan jalan Tempat Pemakaman Umum (TPU) terletak di pemangku Suberagung dengan rabat beton 50/50 x l00 M. Pengadaan Tarup dan Panggung”.

“Semoga azas manfaat pembanguunan jalan tani, Pembangunan jalan Tempat Pemakaman, Pengadaan Tarup dan Panggung dapat membantu meringankan beban para petani kebun dan sawah Pekon Suka Marga sehingga dalam pengelolaan lahan dan hasil panen meningkat daripada sebelumnya. Pembangunan jalan TPU juga bisa membantu warga dalam menghantar jenazah dan ziarah kubur. Sementara Tarup dan Panggung mampu meringankan warga dalam berbagai perhelatan”.

Dipenghujung Peratin mengajak dan menghimbau segenap lapisan masyarakat Pekon Suka Marga untuk dapat menjaga dan merawat bangunan, tarup dan panggung agar tetap awet, karena seyogyanya dengan kebersamaan itikad mulia percepatan pembangunan pekon akan lebih mudah di capai. pungkas Zainan Hariri

Di kesempatan yang sama Ktua LHP Alfian Fitriono, berharap kepada keluarga penerima manfaat supaya dapat menggunakan dana BLT-DD denga baik. mengingat kita sudah di penghujung tahun 2023 apabila kedepan ada perobahan petunjuk pelaksanaan dan tegnis dari kementrian maka di mohon untuk di maklumi. harap Alfian

Dilanjutkan sambutan dari Camat Bangkunat Yuzir,S.Pd. bahwa pihaknya mungucapkan ungkapan terimakasih kepada peratin yang telah melaksakan administrasi keperintahan pemekonan dengan baik yang padahari ini dilaksanakan pembagian BLT-DD tahap lll. Ungkapan terimakasih juga kepada seluruh warga masyarakat pekon Sukamarga yang telah mendukung program pemerintah pekon, daerah dan pusat. Mari kita bersama kita membangun dan menjaga stabilitas program. Selamat kepada KPM yang akan menerima BLT-DD semoga berkah dan bermanfaat sehingga sasaran bantuan tidak sia-sia”.

Dipenghujung acara sambutan Pendamping Desa Zainal Abidin menyampaikan
“Peraturan Bantuan Langsung Tunai Dana-Desa muncul karena dampak wabah pandemi Covid-19 pada tahun 2023.
Kedepan pada tahun 2024 apabila masih terdapat perogram BLT-DD agar lebih mempriyoritaskan warga Lanjut Usia (Lansia) , Penyakit menahun dan kronis serta bukan penerima Perogram Keluarga Harapan (PKH), Hal ini berdasarka kroscek dari desil 1-4 ternyata ada Anggota Dewan yang masuk penerima manfaat”.

Dipenghujung penyampaianya Zainal Abidin menghimbau kepada segenap keluarga penerima manfaat untuk dapat menggunakannya dengan sedemikian rupa. Mengingat sekarang sudah masuk musim penghujan artinya waktu untuk menanam, dari itu kiranya dapat dimanfaatkan untuk membeli bibit dan pupuk. tutup Zainal Abidin. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button