DaerahPendidikan

Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Adakan Upacara Bendera.

Pesisir Barat SentralAktual.com Hari Santri Nasional (HSN) tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional.

Hal ini merujuk pada ditetapkannya seruan resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia yang mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah.

Dengan demikian Hari Santri bukanlah sebagai usulan ataupun permintaan dari kelompok atau golongan akantetapi
wujud dari hak negara dan pemimpin bangsa untuk memberikan penghormatan kepada sejarah pesantren dan sejarah perjuangan para kiai dan santri kepada negara kesatua republik indonesia.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat adakan kegiatan Upacara hari santri
yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw Labuahn Jukung Krui Sabtu (22/10/22) terlihat hadir dalam acara Plt. Asisten Administrasi dan umum Drs. Jon Edwar, M.Pd sekaligus bertindak sebagai Pembina upacara dan Plt. Kadisdikbud Edwin Kastolani Burtha, S.H., M.P., Forkopimda Lambar-Pesibar, tamu undangan dan serta peserta upacara.

Dalam sambutanya Bupati Dr.Drs.H Agus Istiqlalal SH.MH yang diwakili oleh Plt. Asisten Administrasi dan Umum Drs Jon Edwar M.Pd menyampaikan atas nama Pemkab Pesisir Barat mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang hari ini sedang bersuka cita merayakan peringatan hari santri 2022.

Bupati juga menjelaskan “Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai kebangsaan”.

“Ulama dan santri memiliki peran yang luarbiasa dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia
untuk mengenang meneladani serta melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia mari sejenak kita bermohon kepa Allah SWT semoga amal ibadah dan perjuangan para pahlawan kita di terima dan di tempatkan di sisinya”. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button