Pemerintahan

Wakil Bupati A.Zulqoini Syarif Hadri Pembukaan MTQ ke-50 Provinsi Lampung.

Bandar Lampung SentralAktual.com Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Wakil Bupati A.Zulqoini Syarif,S.H. Bersama Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal, didampingi Staf Ahli Bupati, Drs. Imam Habibudin, M.Si., Kabag Kesra, Suparmi, S.IP., M.M., menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-50 Tahun 2023, di Lapangan Enggal Saburai, Selasa (10/10/23).

MTQ ke-50 yang mengambil tema “Dengan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 Kita Wujudkan Generasi Qurani untuk Lampung Berjaya”, dibuka langsung dibuka langsung oleh Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 9-16 Oktober diikuti oleh 601 peserta dengan Dewan Hakim berjumlah 125 orang serta 12 Pengawas.

Gubernur Lampung Arinal dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan MTQ merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Alquran bagi umat Islam.

“MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Alquran. Dari sisi penyelenggaraannya, pelaksanaan MTQ juga mengalami pengembangan yang pesat dalam cabang dan golongan yang dipertandingkan,” kata Gubernur.

Hal ini menunjukkan perhatian pemerintah dalam mendukung kegiatan MTQ ini demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak yang Qur’ani.

Gubernur berharap, MTQ tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran, tetapi juga sebagai jalan dalam mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran.

MTQ diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan Muslimah serta nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTQ ini mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara.

“Mari kita jadikan Musabaqah ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” ajak Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengapresiasi dan menghargai segala upaya yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam menyelenggarakan acara ini dengan baik dan lancar.

Jelang Pemilu serentak 2024, Gubernur berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga kekompakan, kerukunan dan persaudaraan satu sama lain, sehingga kondisi kondusif masyarakat selama ini tetap senantiasa harmonis.

Di akhir sambutannya, Gubernur menyampaikan harapan kepada masyarakat untuk bersama-sama mendoakan agar pembangunan yang dilaksanakan saat ini, dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Mari kita singkirkan segala perbedaan dan bersama-sama meneruskan dan melanjutkan pembangunan di Provinsi Lampung,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Ketua I Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung yang juga merupakan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo berharap, penyelenggaraan MTQ ke-50 tahun ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses sesuai harapan.

“Mudah-mudahan dengan kesuksesan penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi ini mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim secara umum dan khususnya generasi muda untuk makin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” kata Puji Raharjo.

Puji Raharjo juga berharap, melalui penyelenggaraan MTQ ini akan lahir generasi Qur’ani yang akan mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. (Rls/Diskomifo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button